Memutihkan kulit, aman gak sih?

Standard

Ada berbagai macam cara memutihkan kulit,bagi kaum hawa memiliki kulit yang putih dan mulus adalah dambaan. Karena dipercaya bagi yang memiliki kulit seluruh tubuh ataupun kulit wajah yang putih bukan hanya melahirkan kecantikan tapi juga pesona tersendiri yang membuat seseorang selalu tampak segar dan sehat. Tak heran bila kaum hawa mulai dari remaja sampai yang sudah berumur berusaha keras dengan berbagai cara untuk bisa memutihkan kulitnya. Dengan cara apa saja kulit bisa diputihkan? Mulai Dari cara tradisional hingga cara modern. Sebenarnya baik cara tradisional seperti luluran maupun cara modern seperti scrubbing, injection, masker, dan sebagainya sama – sama bagus kalau orang melakukan perawatan dengan rutin. Hanya saja untuk produk – produk modern pemutih kulit yang sekarang kamu harus berhati – hati karena tidak jarang ditemukan kandungan zat berbahaya seperti merkuri dan hidroquinon dalam takaran yang berlebih. Hidroquinon memang dipakai untuk memutihkan kulit, tetapi pemakaiannya cukup 4-5 % saja, pemakaian yang berlebihan dapat menyebabkan kulit iritasi. Sementara itu bahan kimia merkuri yang bisa menjadikan kulit tampak mulus, dipastikan juga cukup berbahaya bagi kesehatan. Bila dalam jangka waktu panjang merkuri mengendap dibawah kulit, lambat laun akan menyebabkan kuit berwarna biru kehitaman dan bisa memicu timbulnya kanker.

Jika kamu ingin memutihkan atau mencerahkan kulit dengan produk – produk tradisional yang lebih aman, kamu bisa datang ke gerai – gerai kecantikan ataupun salon spa yang sekarang ini sudah banyak bahkan dikota kecil sekalipun sudah banyak yang memiliki perawatan untuk memutihkan kulit. Atau kamu bisa juga melakukan perawatan sendiri dirumah, sekarang ini juga banyak produk pemutih kulit yang dijual dipasaran,dari harga yang murah sampai yang mahal tergantung brand masing – masing.

Kalau mau yang alami sih coba produk dari susu, untuk mandi campurin minyak zaitun secukupnya ke bak mandi dan 2 gelas susu hangat. Kalau untuk wajah susu bubuk campurkan dengan air, aduk hingga menjadi adonan seperti masker. Ada juga treatment yang agak jarang digunakan yaitu mandi Cleopatra. Treatment ini menggunakan pupur lumpur yang bercampur madu, telor, minyak zaitun, minyak bunga matahari, dan bahan lain. Cara pemakaiannya dengan menyapu seluruh badan dan dibiarkan mengering kemudian dibersihkan dengan air sambil digosok rata. Mandi cleopatra dipercaya dapat menghaluskan dan memberikan khasiat yang bagus untuk kulit sehingga kulit terasa lembut dan lambat berkedut. Selain itu, ampas kelapa juga bisa digunakan untuk menanggalkan daki pada badan, melembutkan, serta melembabkan kulit. Sedangkan kacang soya (kedelai), setelah ditumbuk dan dihaluskan ternyata bisa dijadikan serbuk untuk dijadikan masker pada kulit muka dan badan. Setelah serbuk tersebut dicampur air mawar ataupun air biasa, tak lama kamupun bisa memiliki kulit lembut, halus, dan putih.

Meskipun bahan alami tidak mengandung zat – zat yang berbahaya, tapi bagi sebagian orang justru bahan alami ini bisa menimbulkan alergi, jadi gak ada salahnya mencoba perawatan yang modern, toh tidak semua yang modern itu berbahaya asal kita tau kandungan produknya atau kita bisa konsultasikan dulu ke dokter ahlinya.

Baik perawatan kulit alami ataupun modern, keduanya sama – sama harus dilakukan secara rutin, minimal sebulan sekali. Jangan tergiur dengan cara yang serba instan yaa🙂

*Dari berbagai macam sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s